Minggu, 17 April 2011

Kue Wajan a.k.a Pancake

Resep Pancake ini sudah pernah gw posting di notes gw di fb, tapi pas liat2 lagi foto2 dapur, dan ngliat foto ini, kayaknya yummy sekali dan jadi pengen bikin lagi....tapi apa daya, banyak makanan yg lain di rumah, jd takutnya mubadzir.

Beberapa hari yang lalu, perasaan pernah baca di milis NCC, ada yang nanya2 soal pancake. Sepertinya masalahnya sama yang dialami adekku, sama deh. Yaitu, hasil akhir pancakenya ga tebal menul-menul gitu, tapi agak tipis. Jadinya kayak crepes kali ya? Dulu banget (busyet, kayak udah tuir gila aja :D), gw pernah bikin pancake yang hasilnya ga terlalu tebal. Ga kayak yang dijual di cafe2 gitu deh. Akhirnya sempet lamaaaa aja gitu ga bikin2 lagi. Nah, trus ketemu ama Pancake Mix Pondan, iseng gw beli dan coba, eh hasilnya oke bgt. Enak dan tebal. Si abang doyan, gw juga. Tapi trus nyari lagi tuh Pancake Mix di SPM, susah bgt. Dimana-mana ga nemu. Bete banget ga sih?!

Akhirnya gw putusin buat bikin sendiri. Nah, sebelum bikin, yg pasti gw mesti nyari resep Pancake yang oke dan sudah terbukti. Cari...cari...cari...akhirnya nemu juga resep yang kayaknya oke. Secara sudah dirating oleh ribuan orang! Dan average rate-nya jg tinggi, so ga ada salahnya kita coba, bukan? Daaaan....ternyata memang ga salah. Endaaang booo..... Ga kalah deh ama yang cafe2 punya :p

Oke, buat yang suka gagal bikin Pancake, kali ini gw coba bimbing deh (ceileee....gaya bener dah bimbing2 segala .haha....). Mulai dari resep, alat dan step-by-stepnya. Ready? Here we go!

First of all, kita butuh alat2 perangnya dong? Apa yang mesti disiapin? Yang pasti, kompor dong! Selanjutnya, wajannya. Pake wajan anti-lengket yang datar. Pastikan wajannya truly is anti lengket ya, krn Pancake akan lebih bagus hasilnya kalo ga pake minyak/butter buat olesan wajannya. Next, mangkuk untuk adonan, timbangan dan peralatan lain seperti di foto:
kika: whisk, sendok ukur dan mangkuk ukur

Setelah siap semua alatnya, silahkan mulai mencoba menbuat dengan resep dari Allrecipes ini:

Good Old Fashioned Pancakes

Ingredients

  • 1 1/2 cups all-purpose flour
  • 3 1/2 teaspoons baking powder
  • 1 teaspoon salt
  • 1 tablespoon white sugar
  • 1 1/4 cups milk
  • 1 egg
  • 3 tablespoons butter, melted

Directions

  1. In a large bowl, sift together the flour, baking powder, salt and sugar. Make a well in the center and pour in the milk, egg and melted butter; mix until smooth.
  2. Heat a lightly oiled griddle or frying pan over medium high heat. Pour or scoop the batter onto the griddle, using approximately 1/4 cup for each pancake. Brown on both sides and serve hot. 
Tips 'n tricks:
  1. Coba tambahkan sedikit kayu manis bubuk utk aroma dan rasa yang yumm.....
  2. Adonannya memang cair, tapi ga cair2 amat kayak air. Kental gitu deh kayak susu kental manis.
  3. Selalu gunakan api yang kecil supaya ga gosong
  4. Tunggu sampe muncul gelembung2 di adonannya baru dibalik. Jadi kalo dari atas, adonannya tampak bolong2 gitu. 
 
Nah, as for the syrup, Maple Syrup is definitely my choice, but feel free to use ice cream or whipcream instead. So, that's all for Pancake tutorial, give it a try!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar