Kamis, 21 April 2011

What's Inside.....

Ini orderan Mona, temen kantornya abang buat keponakannya,Raisha yang ultah ke-2. Pesennya cupcake yang pake filling2 gitu. Filling cokelat, keju dan blueberry. Mo nyobain semua kali ya? Hehe... Mesennya sih semingguan lebih sebelum hari H, tapi berhubung ikutan tes seleksi calon Tenaga Kesehatan Haji minggu itu, so...mikirin pesenan ini sempet dipending dulu. Belum lagi ada kejadian pasien yang nendang pot kena kaca di kantor, bikin gw mesti ikutan nyelesein masalah. Udah kayak customer service aja gw. Haha....


Awalnya Mona minta semua base-nya cake cokelat dengan isinya yang 3 macem itu. Gw sih oke aja, cuma ya gw kasih tau diawal kalo bakal aneh deh kayaknya kalo base-nya cokelat, isinya blueberry. Yang gw pikirin saat itu terutama yang blueberry emang, karena takut ga nyambung ga sih? Gw sih udah sering bikin Buttercake 2 telurnya NCC untuk cupcake, dan sering gw isi macem2. Pernah juga bikin yang cokelat pake modifikasi mbak Riana, filling cokelat juga. Enak kata temen gw, nyoklat banget katanya. Tapi memang cenderung rapuh ya. Dan waktu itu gw fillingnya pake selai cokelat Tulip. Hasilnya agak ngendap di bawah, mungkin karena berat. Yang filling keju pun sering, karena abang demen beneeeer yang satu ini. Tapi, biasanya fillingnya hanya keju cheddar gw potong kotak kecil2, taburi terigu tipis2 biar ga terlalu tenggelam. Dan satu lagi, biasanya base-nya bukan cokelat! Begitu juga dengan yang filling blueberry.

So, setelah urusan ujian seleksi lewat, mulailah gw nyobain bikin yang cokelat dengan resep Buttercake 2 telur NCC modifikasi mbak Riana, dan gw isi dengan selai cokelat, cheddar cubes dan selai blueberry. Bikin 1 resep aja, jadi 12an cuppies, so bikin isian each 3 cuppies. Setelah jadi, gw hidangkanlah buat kedua orang tester gw yg terpercaya --abang dan adekku-- dan menunggu dengan penasaran. Bukan apa2, soalnya gw ga doyan banget ama keju, jadi sumpah deh, kalo kue keju, gw bikinnya aja deh, yang nyoba jangan gw. Gw bakal percaya aja deh sama yang nyobain. Setelah nyobain, yang gw takutin pun terjadi. Base cokelat ga nyambung kalo fillingnya keju dan blueberry. Well, yang blueberry sih lumayanan sih kata adek gw, tapi tetep enakan kalo base-nya biasa aja. Nah yang keju ini justru yang aneh banget kata adek dan abang. Ya entah mungkin harusnya resepnya dimodif dulu kali ya, tapi gw dah ga ada waktu buat modif2an, jadi gw putuskan buat lapor ke Mona dan nyaranin kalo sebaiknya yang buat filling keju dan blueberry-nya pake base yang ga cokelat aja. Untungnya sih Mona-nya setuju2 aja. *seneng deh kalo yang mesen nurut gini, hehe....*

Nah, setelah base cakenya selesai bingung2an, giliran fillingnya. As we know, kalo bikin cupcake yang pake filling2an dan filling-nya ikut dipanggang, maka pasti bakal turun.Jadi, tinjau2 ulang deh pake selai cokelatnya :( Liat2 di kulkas, punya whipcream. Yaudah, diputuskan filling cokelatnya ganache aja. Tapi, muncul deh masalah baru, which is, ga mungkin deh ganachenya ikutan di panggang. Jadi, untuk yang cokelat, cupcakenya dibuat tanpa isi, trus dibolongin trus diisiin ganache deh. Tapinyaaaa (banyak banget masalah kayaknya yak?haha....), Buttercake 2 telurnya NCC tuh rapuh banget, jadi kalo diintervensi setelah matang, takutnya ancur. Karena alasan itulah akhirnya gw putusin yang cokelat pake Brownies Kukus NCC aja. Lebih kokoh dan padat dan atasnya juga bakal nge-dome gitu, jadi pas kalo mo di swirl.

Masalah cake cokelat dan fillingnya teratasi, giliran yang keju. Gw mikir kayaknya biasa banget deh kalo fillingnya hanya cheddar cube aja (meskipun abang bilangnya enyaaaak). So, pas mikir2 enaknya gimana supaya berbeda, gw keinget kalo pernah baca ada yang posting filling keju yang bukan keju cubes ato sekedar cream cheese aja. Langsung aja gw googling. Akhirnya nemu juga ditumpukan filenya milis. Ternyata resep yang kupake ini udah dimodif juga dari resep aslinya Bunda Inong Almh. Berhubung udah ga sempet test drive dulu, langsung aja gw buat. Untungnya bisa gw lebihin buat abang nyobain. Dan doi sukaaaaa.

Dihari-H, bukannya tanpa masalah juga (-.-)' soalnya pas adonan dah siap semua buat masuk oven, eeeeh....malah ga bisa nyala gasnya. Huaaaa......mo nangis rasanya. Untungnya masih ada otang pinjeman dari mertua mas Don, akhirnya dari yang semula seharusnya semua bisa langsung masuk di oven gas gw, jadinya mesti jadi 3 batches. Mana panasnya ga rata, jadi mesti keluar-masuk beberapa kali. Jadi capeeek deh manggangnya. Sebel! Untung cupcake, jadi waktu manggangnya ga lama. Kebayang aja kalo cheesecake gitu??? Secara kudu ABM at least 1,5 jam. Capek deeeh.....

Setelah semua cupcakenya jadi, gw tinggal tidur dulu bentar. Recharge energi dan mood yang diabisin ama oven gas. Abis itu, mule deh milih2 resep buat buttercreamnya. Tadinya sempet kepikiran pake yang jadi aja secara ternyata masih punya buttercream toko Ani ada 1 kg. Sebelumnya udah lempar pertanyaan ke milis kira2 buat hias cupcake 30 biji 1 kg buttercream cukup ga, dan ternyata cukup. Tapi akhirnya gw putusin bikin sendiri aja, karena masih punya juga mentega putih. Setelah milih2 dan mikir2, akhirnya pake resep buttercream NCC aja. Setelah jadi, langsung bagi 3 buat warna dan langsung hias...hias...hias...

Ini dia hasilnya:


Yang cokelat, basenya pake Brokus NCC dan fillingnya pake ganache dadak 1:1. Buttercream kasih pasta cokelat black forest Toffieco. Swirl pake spuit 1M, kasih bunga fondant dan tabur pearl silver (ga tau namanya apa :p).


Yang filling Blueberry, basenya pake Buttercake 2 telur NCC, buttercreamnya dikasih selai blueberry 2 sdm jadi warnanya dari si selai dan juga berasa blueberry. Di hias rosette, bunga fondant dan tabur sprinkle bintang sedikit.

Nah, yang terakhir yang filling keju, basenya juga Buttercake 2 telur NCC. Fillingnya pake resep Vla Keju dari Dapur Ipoek plus parutan keju cheddar. Buttercreamnya biasa, pake suit rumput dan dikasih inisial yang ultah dengan huruf dari cokelat warna.

Alhamdulillah semua selesai tepat waktu dan sampai ke Mona juga tepat waktu. Happy birthday, Raisha....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar